SWIMB Bersama KPH Mabar Lakukan Aksi Bersih Sampah

SWIMB Bersama KPH Mabar Lakukan Aksi  Bersih  Sampah
Anggota Serikat Wartawan Independen (SWIMB) dan Staf Kantor Pengelola Hutan (KPH) Mabar Bersihkan Sampah di Puar Lolo Trans Flores (Foto: Rikardus.N).

LABUAN BAJO - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur (DLHK-NTT) melalui Unit Pelayanan Tugas Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT- KPH) Pokja Puar Lolo Manggaarai Barat (Mabar) bersama Serikat Wartawan Independen Mabar (SWIMB), bahu membahu bersihkan tumpukan sampah di sepanjang tepian jalur Trans Flores pada Jumat, (15/10) Pagi.

Aksi Bakti Sosial (Baksos) yang dilakukan selama sehari itu, berlangsung mulai pukul 09:00 Wita hingga selesai.

Masteri Bugis selaku Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Puar Lolo KPH Mabar menyebutkan, tumpukan sampah yang bertebaran di sekitar tepian jalan Trans Flores yang juga merupakan kawasan hutan lindung itu, kebanyakan berasal dari para pelaku perjalanan, yang mampir dan menikmati suasana di kawasan hutan itu.

"Menyikapi pemberitaan adanya tumpukan sampah di sepanjang tepian jalan trans Flores disejumlah media online lokal di Mabar, pada hari ini kami selaku Pokja Pengelola Hutan Puar Lolo, bersama  teman-teman wartawan SWIMB melakukan aksi pungut sampah",ujar Terri.

Pantauan sejumlah media yang hadir dilokasi itu nampak serakan sampah botol plastik air mineral bekas, sejumlah sampah karung plastik serta sampah anorganik lain yang tidak terurus.

“Kami sudah sediakan lima tong sampah di sekitar wilayah Puar Lolo ini. Tetapi mereka tidak membuang sampah dalam tempat sampah itu. Kami prihatin terhadap masyarakat pelaku perjalanan yang tidak tahu jaga kebersihan”, terangnya.

Selain telah menyediakan tong sampah lanjut Teri, pihaknya telah melakukan aksi kebersihan pada Februari lalu. Ia juga mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan edukasi kepada para pelaku perjalanan termasuk kepada masyarakat setempat untuk membuang sampah pada tempat yang telah tersedia.

“Ini kali yang kedua kami pungut sampah di sini, dalam tahun 2020 ini. Sebelumnya pada bulan Februari lalu. Kedepannya kami akan usulkan ke pimpinan untuk kegiatan ini bisa dilakukan sekali dalam sebulan, termasuk usul penambahan tong sampah”,kata dia.

Adapun bakti sosial pada hari tersebut, mengumpulkan sampah plastik anorganik sebanyak 20 karung. Sampah tersebut akan dihantar ke Labuan Bajo untuk dipilah berdasarkan jenis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Redaktur Pelaksana media online Flores Merdeka, Robert Perkasa. Dalam kegiatan itu Robert meminta kepada segenap awak media untuk tidak sekedar memberitakan soal sampah, melainkan turut ambil bagian secara nyata dalam menerangi sampah

"Sebagai wartawan, kita jangan hanya berbicara soal sampah, tetapi harus tunjukan dengan tindakan nyata”, tegas Robert.

Robert menambahkan, wartawan tidak hanya cerdas dalam bernarasi, tetapi juga cekatan dalam tindakan nyata.(L-015)*