ALB Peduli Kumpulkan 20 Karung Sampah Plastik di Pantai Pede

ALB Peduli Kumpulkan 20 Karung Sampah Plastik di Pantai Pede
Anak Labuan Bajo Bersatu bersama stakeholder elemen masyarakat peduli sampah foto bersama usai kegiatan bersih sampah di pantai pede, Sabtu,(17/10) - Foto: ALB-doc

LABUAN BAJO- Puluhan orang melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai Pede Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo Manggaarai Barat (Mabar). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut. Aksi sosial ini diprakarsai Anak Labuan Bajo Bersatu (ALB) pada Sabtu, (17/10) Pagi.

Selain Anak Labuan Bajo Bersatu'(ALB) aktifitas bersih sampah kali ini diikuti oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Labuan Bajo dan Desa Gorontalo Polres Mabar, WWF,Trust Hero Komodo, Guru Sekolah Lentera Harapan (SLH) Labuan Bajo, Pramuka, Karang Taruna Kelurahan Labuan Bajo, dan Masyarakat Peduli Sampah.

Aksi yang dimulai sejak pukul 06.00 Wita ini berlangsung hingga pukul 10:00 Wita.

"Kita melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan sampah di pantai pede sebagai wujud kepedulian bersama atas kebersihan pantai dan laut", kata Petra Jalesy.

Demikian Sekretaris ALB Petra Jalesy itu menambahkan, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Labuan Bajo saat ini sudah menjadi kota destinasi pariwisata super premium yang memiliki banyak pantai dan merupakan tempat rekreasi masyarakat, harus bersih dan terlihat indah.

"Akhir-akhir ini kita lihat sudah banyak sampah di pantai dan laut terutama di pantai pede ini, makanya kita mengajak berbagai stakeholder elemen dan unsur masyarakat sama-sama bersih-bersih pantai," ucap Petra.

Ia juga mengajak masyarakat Labuan Bajo untuk selalu respon dan respect membersihkan pantai dan peduli dengan kebersihan pantai dan laut. Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, kata dia, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri pantai pede sejauh kurang lebih 200 meter. Selain di pantai, aksi bersih sampah juga dilakukan di laut. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih dua puluh karung sampah plastik dan sampah laut lainnya.

"Didominasi sampah plastik seperti sedotan, kantong plastik, dan plastik bekas minuman air mineral," beber Petra 

Berkaca dari banyaknya sampah yang didapatkan, Petra Melkisedek Jalesy kembali mengingatkan masyarakat Labuan Bajo untuk peduli kebersihan pantai dan laut. Dia mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita dukung program pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik. Memang tidak bisa serta merta. Tapi kita kurangi sedikit demi sedikit," pungkasnya.(L-015)*